
Novitasari
1 day agoCONTOH SOAL K3 PESAWAT UAP & BEJANA BERTEKANAN

Gambar Ilustrasi CONTOH SOAL K3 PESAWAT UAP & BEJANA BERTEKANAN
1.  Dasar Hukum penerapan K3 Pesawat Uap & Bejana bertekanan sbb :
     a. UU. Uap 1930, UU.No.1 tahun 1970.
     b. Peraturan Uap 1930.
     c. Permenaker No.Per.01/Men/1982,   No.Per.02/Men/1982 dan No.Per.01/Men/1988.
     d. Jawaban a, b dan c benar.
Â
2.  Berdasarkan peraturan perundangan K3 yang berlaku di Indonesia, Pesawat Uap dibedakan menjadi dua jenis yaitu ;
     a. Boiler
     b. Pesawat Uap selain Boiler.
     c. Jawaban a dan b benar.
     d. Jawaban a dan b salah.
Â
3.  Dari sudut pandang tekanannya, Ketel Uap adibedakan menjadi 2 macam yaitu ;
     a. Ketel Uap tekanan rendah ( Wp < 0,5 Kg/Cm2)
     b. Ketel Uap tekanan diatas > 0,5 Kg/Cm2.
     c. Jawaban a dan b benar
     d. Jawaban a dan b salah.
Â
Â
Â
4.  Dari sudut pandang bangunannya, Ketel Uap dibedakan menjadi 2 macam yaitu ;
     a. Ketel Uap Tetap ( stationary boiler ),
     b. Ketel Uap berpindah ( Packaged boiler ).
     c. Jawaban a dan b salah
     d. Jawaban a dan b benar
Â
5.  Dari sudut pandang tempat pemakaiannya, Ketel Uap
     Dibedakan menjadi 3 macam yaitu ;
     a. Ketel Uap kapal.
     b. Ketel Uap darat.
     c. Ketel Uap Lokomotip.
     d. Jawaban a, b dan c benar.
Â
6.  Dari sudut pandang kapasitasnya, menurut Permenaker No.Per.01/Men/1988 dibedakan menjasi 2 macam, yaitu ;
     a. Ketel uap berkapasitas < 10 Ton Uap /jam.
     b. Ketal uap berkapasitas > 10 Ton Uap / jam.
     c. Jawaban a dan b benar.
     d. Jawaban a dan b salah.
Â
7.  Pesawat Uap selain Boiler dibedakan menjadi 4 macam, yaitu ;
     a. Pemanas air (economiser)
     b. Pengering Uap ( superheater)
     c. Bejana Uap, dan Penguap.
     d. Jawaban a, b dan c benar.
Â
Â
Â
Â
Â
8. Â Ketel Uap adalah :
    a. Suatu Pesawat yg dibangun guna menghasilkan uap dan uap tsb dipergukana diluar pesawatnya.
    b. Turbin Uap.
    c.  Mesin Uap.
    d.  Lokomotif.
Â
9. Superheater ( pengering uap ) ialah  ;
    a. Salah satu jenis Pesawat yang berfungsi untuk memanaskan uap jenuh menjadi uap kering, dengan jalan pemanasan dari hawa pembakaran.
    b. Termasuk bejana bertekanan.
    c. Termasuk Air receiver tank-compressor.
    d. Termasuk Pesawat cairan panas.
Â
10.Pemanas air / Ekonomiser  ialah :
    a. Salah satu jenis pesawat uap yang berfungsi untuk memanaskan air dengan jalan pemanasan dari hawa pembakaran.
    b. Back pressure vessel.
    c. Steriliser.
    d. Bejana Uap.
                                  Â
11.Bejana Uap ialah :
    a. Suatu bejana yg berfungsi untuk menampung
         uap,misal ; Steam header, Steriliser, Daerator, Digister, autoklaf, dsb.
b.     Botol baja
c.      Bejana Transport.
d.     Air receiver tank.
Â
12.Dapat dikatakan Ketel uap tekanan rendah apabila;
    a. Tekanan kerjanya ( WP) < 0,5 Kg/Cm2.
    b. Tekanan kerjanya = 3 Kg/Cm2.
    c. Kapasitasnya   kurang dari 1 Ton Uap/jam.
    d. Jawaban a, b dan c salah semua.
Â
13.Ketel Uap yang dipakai di BUMN/Perusahaan Swasta
    Wajib memiliki AI untuknya dari Disnaker setempat,
    kecuali ;
    a. WP ( Kg/Cm2 ) x Hs (M2) < 0,2.
b.  WP ( Kg/Cm2 ) x Hs (M2)  > 0,3.
c.   WP ( Kg/Cm2)  x Hs (M2)  > 0,4.
d.  Jawaban a, b dan c salah semua.
Â
14. Superheater yang menyatu dengan Ketel Uapnya tidak perlu memiliki Akte Izin tersendiri, tetapi untuk superheater yang terpisah dari Ketel Uapnya harus memiliki AI tersendiri, kecuali;
     a. Terdiri dari pipa-pipa yang diamater dalamnya < 25 mm.
     b. Terdiri dari pipa-pipa yang diameter dalamnya >25 mm.
     c. Terdiri dari pipa-pipa yang diamater dalamnya
         >50 mm.
     d. Jawaban a, b dan c salah semua.
Â
15. Pamanas air yang menjadi satu kesatuan dengan Ketel Uapnya yang dipakai di suatu perusahaan tidak perlu AI tersendiri, tetapi pemanas air yang terpisah dari Ketel Uapnya harus memiliki AI tersendiri kecuali ;
Â
     a. Terdiri dari pipa-pipa yang diamater dalamnya > 50 mm.
     b. Terdiri dari pipa-pipa yang diamaterdalamnya
          < 50 mm.
     c. Terdiri dari pipa-pipa yang diamater dalamnya
          > 100 mm.
     d. Jawaban a, b dan c benar semua.
Â
16. Bejana Uap tdk dengan cairan dibawah tekanan yang dipakai di perusahaan wajib memiliki AI untuknya kecuali ;
     a. Wp ( Kg/Cm2) x volume ( liter) < 600
     b. Wp ( Kg/Cm2) x volume ( liter ) > 600
     c. Jawaban a dan b salah semua.
     d. Jawaban a dan b benar semua.
Â
17. Bejana Uap dengan cairan dibawah tekanan yang di-
     Pakai di perusahaan wajib memiliki AI untuknya, kecuali ;
     a. Wp ( Kg/Cm2) x volume ( liter ) < 300
     b. Wp ( Kg/Cm2) x volume (liter ) > 300
     c. Jawaban a dan b benar semua.
     d. Jawaban a dan b salah semua.
Â
18.Suatu unit Ketel Uap yang memiliki AI yang syah dan berkapasitas 10 Ton Uap/jam atau kurang, hanya boleh dioperasikan oleh Tenaga Kerja yang memiliki Sertifikat dari Dirjen Binwasnaker, yaitu ;
   a.  Sertifikat Oprt.Pesawat Uap Kelas II
   b.       --------------,,-----------  Kelas I.
   c.       --------------,, ----------   Kelas III.
   d.       --------------,,-----------  Kelas IV
Â
19.Suatu unit Ketel Uap yang memiliki AI yang syah dan
       berkapasitas > 10 Ton Uap/jam, hanya boleh dioperasikan oleh Tenaga Kerja yang memiliki Sertifikat dari Dirjen Binwasnaker, yaitu ;
a. Sertifikat operator kelas I.
b.        ---------------,,--------- II.
c.         ---------------,,---------III.
d.        ---------------,, -------- IV.
Â
Â
20. Untuk Ketel Uap darat harus diriksa-ujikan
     Ulang/berkala  kepada yg berwenang minimal
    a. Sekali setiap 2 tahun.
a.   Sekali setiap 1 tahun.
b.  Sekali setiap 3 tahun.
c.   Sekali setiap 4 tahun.
Â
21.Untuk Ketel Uap Kapal harus diriksa-ujikan berkala
    Kepada yang berwenang minimal ;
a. Sekali setiap tahun.
b.  Sekali setiap 2 tahun.
c.   Sekali setiap 3 tahun.
d.  Sekali setiap 4 tahun.
Â
22. Untuk Ketel Uap Lokomotif yang saat ini banyak
     Di pakai di Pabrik CPO,harus diriksa ujikan berkala
     Kepada yang berwenang minimal ;
a. Sekali setiap 3 tahun.
b. Sekali setiap 2 tahun.
c. Sekali setiap 1 tahun.
d. Sekali setiap 4 tahun.
Â
Â
23. Untuk Pesawat Uap selain boiler, misal Bejana Uap,
     yang dipakai di BUMN atau Swasta harus diriksa ujikan kepada yang berwenang minimal ;
     a. Sekali setiap 4 tahun.
     b. Sekali setiap 5 tahun.
     c. Sekali setiap 3 tahun.
     d. Sekali setiap 2 Tahun.
Â
24. Air receiver tank ( bejana angin compressor ) yang
     Dipakai di BUMN/Swasta harus diriksa-ujikan kepada yang berwenang, minimal ;
     a. Sekali setiap 5 tahun dan jika isinya Chlorine   (campuran/senyawa dg Chlorine ), minimal sekali tiap 2 tahun.
     b. Sekali setiap 3 tahun.
     c. Sekali setiap 4 tahun.
     d. Sekali setiap 1 tahun.
Â
25. Pengujian pertama dari suatu Pesawat Uap adalah ;
     a. Pengujian sebelum Pesawat Uapnya ditembok atau dipasang isolasi.
     b. Dalam rangka penerbitan Akte Izinnya.
     c. Setelah memiliki AI.
     d. Jawaban c salah.
Â
26. Tingkap pengaman ( Safety Valve) pada Ketal Uap
      Berungsi ;
a. Membuang uap secara otomatis jika tekanan uap dalam Pesawat uapnya telah melebihi WP yang diizinkan dalam AI nya.
b.  Menunjukkan suhu uap.
c.   Menunjukkan tekanan uap.
d.  Menunjukkan tinggi permukaan air dalam Ketel.
Â
27. Kekurangan air pada Ketel Uap dapat mengakibatkan
     a.  Terjadinya over heating pada material
b.     Terjadinya pelemahan pada material.
c.      Terjadinya perubahan bentuk pada material.
d.     Jawaban a, b ,c benar.
Â
Â
28. Penerbitan AI dulunya diterbitkan Depnaker Pusat, tetapi sejak 1988 dan sebelum Otoda dikeluarkan oleh :
     a. Disnaker Propinsi
     b. Disnaker Kota/Kab.
     c. Kantor Camat.
     d. Balai K3 Depnakertrans.
Â
29. Sejak Otoda, AI Pesawat Uap menurut Per.UU, dapat diterbitkan oleh ;
     a. Disnaker Kota/Kab.untuk yang dipakai di satu lokasi.
     b. Disnaker Propinsi untuk yang dipakai rental antar
         Kota /Kabupatan.
     c. Depnaker pusat untuk yang dipakai rental antar propinsi.
     d. Jawaban a, b dan c benar.
Â
30. Ketel uap tekanan rendah harus diberi apendages,sbb
     a. Gelas pedoman air, pompa air pengisi, pipa pengaman, kerangan pembuang,pelat nama.
     b. safety valve
     c. alarm
     d. tingkap pengamanan
Â
Â
31. Akte izin diberikan oleh Pemerintah kepada pemakai bila :
     a. hasil pemeriksa & pengujian pesawat uap dan alat-alat perlengkapannya memenuhi syarat.
     b. hasil pemeriksaan dan pengujian alat-alat
         perlengkapannya dan alat pembakarannya
         memenuhi syarat.
     c. hasil pemeriksaan dan pengujian apendages
         memenuhi syarat.
     d. semua salah.
Â
32. menurut permenaker No. Per.01/MEN/1982 tentangÂ
     bejana bertekan, setiap bahan dari bagian konstruksi
     bejana tekan harus memiliki :
a. Sertifikat bahan atau surat tanda hasil ujian    yang  diakui oleh Disnaker.
b. Surat hasil uji dengan poldy hammer
c. Cukup surat hasil uji dengan NDT bahan saja.
d. Semua nya salah    Â
Â
Â
33. Untuk ketel uap WP < 3 kg/cm2 harus dilengkapi
      dengan :
a. 1 buah tingkap pengaman
b. 2 buah tingkap pengaman
c. 3 buah tingkap pengaman
d. 4 buah tingkap pengaman
Â
34. Untuk ketel uap WP > 3 kg/cm2 harus dilengkapi
     dengan :
a. Minimal 2 buah tingkap pengaman
b. 3 buah tingkap pengaman
c. 4 buah tingkap pengaman
d. 1 buah tingkap pengaman
Â
35. Pesawat uap dapat dimulai pembuatannya oleh pabrik
     pembuat boiler indonesia yang telah memiliki SKP
     dari DEPNAKER Pusat, tetapi haruslah :
a. setelah gambar rencanannya telah disahkan oleh Dirjen PPK Depnakertrans RI
b. Sebelum gambar rencananya disahkan
c. Gambar rencanannya sendang proses untuk
   memperoleh pengesahan
d. bahan electroda las sudah di uji.
Â
Â
36. Pesawat uap yang memiliki tekanan kerja 4 kg/cm2,
     tinggi tekanan hidrotest pada pemeriksaan pertama
     adalah :
a. 8 kg/cm2
b. 7 kg/cm2
c. 6 kg/cm2
d. 5 kg/cm2
Â
37. Pesawat uap yang memiliki tekanan kerja 5 kg/cm2
     Tinggi tekanan hidrotest pada pemeriksaan berkala
      adalah :
a.   11 kg/cm2
b.  9 kg/cm2
c.  Â
About the author

Novitasari adalah seorang penulis berpengalaman di serkom.co.id, yang mengkhususkan diri dalam bidang kelistrikan. Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman sebagai konsultan kelistrikan, Novitasari telah membantu banyak perusahaan dan individu dalam mengatasi tantangan kelistrikan mereka.
"Kelistrikan adalah jantung dari teknologi modern, dan saya berkomitmen untuk memastikan setiap proyek yang saya tangani memenuhi standar tertinggi dalam kualitas dan keamanan."
Novitasari memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai aspek kelistrikan, termasuk instalasi, pemeliharaan, dan troubleshooting. Sebagai konsultan kelistrikan, ia telah bekerja dengan berbagai proyek besar, mulai dari perumahan hingga industri, memastikan sistem kelistrikan yang aman dan efisien.
Di serkom.co.id, Novitasari berbagi pengetahuannya melalui artikel-artikel mendalam yang membahas berbagai topik kelistrikan. Artikel-artikelnya tidak hanya informatif, tetapi juga praktis, membantu pembaca memahami konsep-konsep kompleks dengan cara yang mudah dimengerti.
Dengan latar belakang yang kuat dan dedikasi yang tinggi, Novitasari terus berkontribusi pada peningkatan kualitas pengetahuan kelistrikan di Indonesia. Jangan ragu untuk menghubungi Novitasari melalui serkom.co.id untuk konsultasi lebih lanjut atau untuk mendapatkan wawasan berharga tentang proyek kelistrikan Anda.
Serkom.co.id membantu melakukan Persiapan Tender Kelistrikan
Dari perencanaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek
Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami
Serkom.co.id sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.
Related Articles
Konsultasikan perencanaan tender dengan kami, supaya dapat mengikuti jadwal tender pemerintah/swasta dengan baik

Pilih Sub bidang pekerjaan yang akan diambil, misalnya:
- Konsultan atau Kontraktor
- Spesialis atau Umum
- Kecil, Besar atau Menengah
- Semua cara melengkapi persyaratan perizinan Dasar hingga Izin Operasional ada di UrusIzin.co.id
- Saatnya anda lengkapi semua persyaratan IZIN DASAR & IZIN OPERASIONAL perusahaan anda mulai dari AKTA pendirian/perubahan, NIB (penetapan KBLI yang tepat) hingga Izin Operasional di semua sektor yang anda jalankan.
Setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi agar memenuhi ketentuan Keselamatan Ketenagalistrikan untuk mewujudkan kondisi instalasi tenaga listrik yang aman, andal dan ramah lingkungan.
Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan ini banyak disebut Serkom atau SKTTK, yaitu Tenaga Ahli Teknik Listrik yang dipersyaratkan memiliki sertifikat ter Akreditasi Kementerian ESDM Ditjen Ketenagalistrikan.
Serkom atau SKTTK ini juga dipersyaratkan dalam mengajukan SBUJPTL (Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik) & IUJPTL (Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik)
(Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009)
SKTTK (Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan) adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh LSK bagi tenaga teknik ketenagalistrikan yang telah memenuhi persyaratan kompetensi yang ditetapkan oleh LSK. Sertifikasi ini bertujuan untuk menjamin bahwa tenaga teknik ketenagalistrikan yang sudah memiliki sertifikasi tersebut memiliki kompetensi dan keahlian yang memadai dalam bidangnya.
Okupasi Jabatan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan/SKTTK(Serkom Listrik)
Okupasi Jabatan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan(SKTTK) terbaru